MEMBUAT MODEL KARAKTER GAME HIU MENGGUNAKAN BLENDER
Langkah-langkah membuat hiu
1.
Pertama
pada object kita klik s lalu y kemudian tarik sehingga membentuk persegi
panjang.
2.
kemudian
masuk ke edit mode kemudian potong menjadi beberapa ctrl+r. setelah itu bagi
menjadi tiga bagian kemudian kita atur satu persatu vertex agar membentuk badan
hiu.
3.
Pertama
kita klik A untuk menonaktifkan seleksi vertex kemudian B untuk menyelekasi
vertex yang ada klik S untuk Scale dan atur hingga membentuk badan hiu.
4.
Kemudian
pada sisi-sisi object kita bagi dua menggunakan crtl+R kemudian kita scale pada
sumbu z agar membuat badan hiu agak cembung.
5.
Untuk
membuat bagian ekornya kita akan seleksi faces gunakan shift+klik kanan
kemudian E(extrude). Kemudian kita gunakan seleksi vertex yaitu kita akan
tipiskan bagian ekornya dengan cara klik s kemudian klik sumbu x kemudian kita
atur tipisnya.
6.
Kemudian
kita seleksi face yang ada pada atasnya dan kita extrude E di atasnya yang
dibawah juga begitu dan kita mulai atur vertex demi vertex hingga membentuk
ekor hiu.
7.
Untuk
sirip bagian atas kita seleksi faces dengan gunakan shift klik kanan kemudian
kita extrude sedikit saja kemudian kita klik s. kemudian kita perkecil lagi dan
klik X. kemudian kita E pada sumbu z kemudian kita S perkecil kita grab
kemudian kita atur vertexnya. Dan lakukan hal yang sama untuk membuat sirip
yang lainnya.
8.
Untuk
membuat badan hiu terlihat lebih halus caranya yaitu pada jendela sebelah kanan
kita klik object modifiers, pilih add modifier dan klik subvision surface.
Kemudian jendela sebelah kiri kita klik smooth untuk menghaluskan.
9.
Kemudian
kita membuat matanya yaitu dengan cara seleksi face lalu extrude klik S untuk
memperkecil dan kita extrude kedalam
.
10.
Maka
hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini
Tutorial Pewarnaan Object
1. Untuk
melakukan pewarnaan, seleksi dahulu bagian vertex yang ingin diwarnai pilih ke
panel sebelah kanan, pilih tab material.
2. Pada material pertama merupakan warna dasar dari objek, untuk
menambahkan warna baru, klik simbol tambah di samping panel material.
3. Selanjutnya
pilih warna yang akan diberikan, dengan cara mengklik pilihan warna dibawah
tulisan diffuse. Untuk menambahkan warna, klik assign.
4. Maka
hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.
Tutorial Rigging
1. Langkah
pertama yang dilakukan adalah masuk ke object mode kemudian tambahkan tulang
kedalam objek dengan menekan shift+a pilih armature, pilih dan klik single bone.
2. Masukkan
tulang kedalam objek kemudian atur posisinya. Jika tulang tertutup objek maka
kita dapat memilih ikon armature di jendela sebelah kanan, dan ceklist x-ray.
3. Selanjutnya
kita sesuaikan tulang dengan objek yang kita buat. Untuk menambahkan tulang
lagi kita gunakan extude pada sumbu y
4. Kemudian
kita sesuaikan posisi tulang dengan objek
5. Langkah
selanjutnya adalah menyatukan tulang dengan objek. Caranya yaitu shift di
tahan, klik kanan pada tulang, lalu pilih object, pilih parent, pilih envelope
wight dan akan muncul jendela baru kemudian pilih with automatic weights.
6. Untuk
menggerakkan object kita harus masuk ke pose
mode terlebih dahulu. kemudian Pilih tulang yang ingin digerakkan.
Tutorial
Pembuatan Animasi
1. Dalam
membuat animasi kita gunakan pengkucian keyframe agar benda dapat bergerak
sesuai dengan keyframenya. Caranya yaitu Pada jendela atas kita pilih animation
maka akan ditampilkan keyframe
2. Kemudian
kita atur terlebih dahulu garis hijau pada posisi yang diinginkan. Tekan A
kemudian pillih bone yang ingin digerakkan kemudian tekan G dan X lalu geser
posisi object kemudian klik I+O buat menampilkan timeline. Kemudian ikon play
dibagian bawah untuk menggerakkan
object.
3. Kemudian
kita lakukan proses render yaitu pada jendela sebelah kanan yaitu render.
Scroll ke bawah sampai ketemu tulisan output. Pilih folder tempat menyimpan file
hasil video tersebut. Selanjutnya pilih bentuk format output video, disini saya
memilih format AVI Raw dan pilih render animation
4. Tunggu
proses render hingga selesai, kemudian lihat folder tempat menyimpan file dan
jalankan videonya untuk melihat hasil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar