Senin, 31 Desember 2018

KARAKTER GAME : HIU 3D




MEMBUAT MODEL KARAKTER GAME HIU MENGGUNAKAN BLENDER
Langkah-langkah membuat hiu
1.      Pertama pada object kita klik s lalu y kemudian tarik sehingga membentuk persegi panjang.

 
2.      kemudian masuk ke edit mode kemudian potong menjadi beberapa ctrl+r. setelah itu bagi menjadi tiga bagian kemudian kita atur satu persatu vertex agar membentuk badan hiu.
 
3.      Pertama kita klik A untuk menonaktifkan seleksi vertex kemudian B untuk menyelekasi vertex yang ada klik S untuk Scale dan atur hingga membentuk badan hiu.

4.      Kemudian pada sisi-sisi object kita bagi dua menggunakan crtl+R kemudian kita scale pada sumbu z agar membuat badan hiu agak cembung.
 
5.      Untuk membuat bagian ekornya kita akan seleksi faces gunakan shift+klik kanan kemudian E(extrude). Kemudian kita gunakan seleksi vertex yaitu kita akan tipiskan bagian ekornya dengan cara klik s kemudian klik sumbu x kemudian kita atur tipisnya.
 

6.      Kemudian kita seleksi face yang ada pada atasnya dan kita extrude E di atasnya yang dibawah juga begitu dan kita mulai atur vertex demi vertex hingga membentuk ekor hiu.

 

7.      Untuk sirip bagian atas kita seleksi faces dengan gunakan shift klik kanan kemudian kita extrude sedikit saja kemudian kita klik s. kemudian kita perkecil lagi dan klik X. kemudian kita E pada sumbu z kemudian kita S perkecil kita grab kemudian kita atur vertexnya. Dan lakukan hal yang sama untuk membuat sirip yang lainnya.
 

8.      Untuk membuat badan hiu terlihat lebih halus caranya yaitu pada jendela sebelah kanan kita klik object modifiers, pilih add modifier dan klik subvision surface. Kemudian jendela sebelah kiri kita klik smooth untuk menghaluskan.
  

 
9.      Kemudian kita membuat matanya yaitu dengan cara seleksi face lalu extrude klik S untuk memperkecil dan kita extrude kedalam
      .
 
10.  Maka hasilnya akan seperti pada gambar di bawah ini
 


Tutorial Pewarnaan Object

1.      Untuk melakukan pewarnaan, seleksi dahulu bagian vertex yang ingin diwarnai pilih ke panel sebelah kanan, pilih tab material.


2.      Pada material pertama merupakan warna dasar dari objek, untuk menambahkan warna baru, klik simbol tambah di samping panel material.

3.      Selanjutnya pilih warna yang akan diberikan, dengan cara mengklik pilihan warna dibawah tulisan diffuse. Untuk menambahkan warna, klik assign.
    

4.      Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.



Tutorial Rigging


1.      Langkah pertama yang dilakukan adalah masuk ke object mode kemudian tambahkan tulang kedalam objek dengan menekan shift+a pilih armature, pilih dan  klik single bone.
 
2.      Masukkan tulang kedalam objek kemudian atur posisinya. Jika tulang tertutup objek maka kita dapat memilih ikon armature di jendela sebelah kanan, dan ceklist x-ray.

3.      Selanjutnya kita sesuaikan tulang dengan objek yang kita buat. Untuk menambahkan tulang lagi kita gunakan extude pada sumbu y
 


4.      Kemudian kita sesuaikan posisi tulang dengan objek
 

5.      Langkah selanjutnya adalah menyatukan tulang dengan objek. Caranya yaitu shift di tahan, klik kanan pada tulang, lalu pilih object, pilih parent, pilih envelope wight dan akan muncul jendela baru kemudian pilih with automatic weights.

6.      Untuk menggerakkan object kita harus masuk ke pose mode terlebih dahulu. kemudian Pilih tulang yang ingin digerakkan.
 




Tutorial Pembuatan Animasi

1.      Dalam membuat animasi kita gunakan pengkucian keyframe agar benda dapat bergerak sesuai dengan keyframenya. Caranya yaitu Pada jendela atas kita pilih animation maka akan ditampilkan keyframe
    
 
2.      Kemudian kita atur terlebih dahulu garis hijau pada posisi yang diinginkan. Tekan A kemudian pillih bone yang ingin digerakkan kemudian tekan G dan X lalu geser posisi object kemudian klik I+O buat menampilkan timeline. Kemudian ikon play dibagian bawah  untuk menggerakkan object.
 

3.      Kemudian kita lakukan proses render yaitu pada jendela sebelah kanan yaitu render. Scroll ke bawah sampai ketemu tulisan output. Pilih folder tempat menyimpan file hasil video tersebut. Selanjutnya pilih bentuk format output video, disini saya memilih format AVI Raw dan pilih render animation
4.      Tunggu proses render hingga selesai, kemudian lihat folder tempat menyimpan file dan jalankan videonya untuk melihat hasil.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BioInformatika

Nama : Fitri Wabula NPM : 52416895 Kelas : 4IA20